SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN KELAS 9 GENAP

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENDENGARKAN

Nama Sekolah          :    Sekolah Menengah Pertama SMP N 3 Candimulyo

Mata Pelajaran          :    Bahasa Jawa

Kelas/Semester         :    IX (Sembilan) / 2 (Dua)

Standar Kompetensi  :    Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan

                                      dalam berbagai ragam bahasa Jawa

 

 

No

 

KOMPETENSI DASAR

 

INDIKATOR

 

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

 

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

1.1.  Mendengar-kan pidato.

    

1.1.1 Siswa mampu menjelaskan isi pidato

1.1.2.  Siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan pidato yang didengar

 

–      Pidato Kegiatan

 

–   Mendengarkan informasi tentang pidato.

–   Membuat kelompok beranggotakan 3-4 orang untuk membahas tentang konsep pidato yang digunakan

–   Memperhatikan tayangan contoh pidato

–   Mendiskusikan tentang konsep pidato yang

didengar oleh kelompok

–   Refleksi tentang pidato yang baik.

2  jam

pelajaran

 

 

– Buku Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Tertulis

Uraian

-Tulisen  isi pidhato sing korungokke mau nganggo basamu dhewe!

 

-Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi patitis!

–     

 

 

 

–      Pidato adat- istiadat

 

–   Mendengarkan informasi tentang pidato

–   Menjawab pretest tentang pidato adat

–   Mendengarkan contoh pidato adat yang dibacakan atau melalui kaset.

–   Menjelaskan kembali isi pidato yang didengar sesuai dengan urutan pidato (Pambuka-Isi-Panutup)

–   Bertanya jawab tentang isi pidato yang didengar

–   Refleksi

4  jam

pelajaran

 

 

– Buku Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Tertulis

Uraian

–     Rungokna teks pidato kang diwaca kancamu iki!

–    Sebutna isi pidato jumbuh karo urut-urutan/konsep pidato mau!

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: kreatif, mandiri, menghargai prestasi, peduli lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK BERBICARA

Nama Sekolah          :    Sekolah Menengah Pertama SMP N 3 Candimulyo

Mata Pelajaran          :    Bahasa Jawa

Kelas / Semester       :    IX (Sembilan) / 2 (Dua)

Standar Kompetensi  :    Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam  berbagai  ragam bahasa dengan unggah-ungguh yang benar.

 

No

 

KOMPETENSI DASAR

 

INDIKATOR

 

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

 

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

2.1. Bercerita tentang peristiwa aktual.

 

2.1.1.  Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita.

2.1.2. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.

2.1.3. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian.

 

–  Peristiwa   aktual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 1:

–     Menjawab pretes peristiwa aktual di sekolah.

–       Membentuk kelompok yang terdiri 4 – 5 anak.

–     Setiap anak bersama kelompoknya mencari informasi tentang peristiwa aktual  pada nara sumber/bacaan yang berbeda.

–                          – Menyusun kerangka cerita peristiwa aktual

–     Mengembangkan kerangka menjadi konsep cerita aktual

–     Refleksi kegiatan berikutnya

–   Siswa secara kelompok mempersiapkan cerita peristiwa aktual

Pertemuan 2:

–  Merevisi konsep cerita peristiwa aktual

–   Bercerita tentang peristiwa aktual secara bergantian

– Mengkritisi cerita yang disampaikan teman

– Memberikan masukan tentang beberapa kesalahan pilihan kata dan isi pada cerita anak

– Menyimpulkan hasil karja siswa

2  jam

pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2  jam

pelajaran

 

 

– Buku

  Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

– Buku

   Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

 

 

 

Unjuk Kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unjuk Kerja

Uji  Petik Prosedur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji  Petik Prosedur

  1. A.      Arananajinising crita aktual kang dumadi ing lingkunganmu!
  2. B.       Jinising crita aktual  kasebut(perangan A) pilihen siji bae, banjur gawenen cengkorongan topik minangka rancangan crita!

C. Cengkorongan topik crita kasebut owahana dadi karangan aktual ing lingkunganmu!

D. Karangan singwis kotuliscritakna ana ing ngarep kelas!

 

E.Bijinen critane kancamu kanthi paugeran ing ngisor iki, pambiji bisa katindakake kanthi kelompok!

 

F.Wangsulana  pitakonan ing ngisor iki adhedhasar cathetan ing dhuwur!

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli sosial, tanggung jawab  

2

2.2. Berpidato                                                                                   Berpidato.Bercerita tentang peristiwa aktual.

 

.

2.2.1 Mampu menuliskan pokok-pokok

         pidato

2.2.2 Mampu mengembangkan pokok-pokok pidato menjadi teks pidato

2.2.3 Mampu melalukan pidato susuai dengan konsep / teks yang disusun

 

 

– Pidato (Perpisahan Kelas IX)

–   Menjawab pre test tentang macam-macam pidato.

–   Mendengarkan penjelsan tentang pengertian pidato.

–   Mendengarkan penjelasan tentang syarat-syarat pidato.

–   Mendengarkan penjelasan tentang hal-hal yang diperhatikan dalam pidato.

–   Mendengarkan penjelasan tentang cara-cara pelaksanaan dalam pidato.

–    Berlatih membuat kerangka pidato dan mengembangkan menjadi naskah pidato sesuai dengan bahasanya endiri.

–   Melaksanakan pidato di depan teman-temannya/ orang lain.

–  Refleksi

 

4  jam pelajaran

– Buku

Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

 

Unjuk kerja

 

Lisan

 

 

Uraian

-Lakukan pidato di depan teman-temanmu  sesuai dengan naskah yang kamu susun!

 

 

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: religius, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan

                       

 

 

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MEMBACA

 

Nama Sekolah          :    Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 3 Candimulyo

Mata Pelajaran          :    Bahasa Jawa

Kelas / Semester       :    IX (Sembilan) / 2 (Dua)

Standar Kompetensi  :    Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa

 

NO

 

KOMPETENSI DASAR

 

INDIKATOR

 

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

 

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

3.1 Membaca pemahaman teks upacara adat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1.1 Mampu memahami arti kata-kata dalam bacaaan

3.1.2 Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan isi bacaan

3.1.2 Mampu memahami isi bacaaan.

3.1.3 Mampu menjelaskan isi bacaan baik lisan maupun tertulis dengan bahasanya sendiri .

3.1.5  Mampu menuliskan kembali isi    bacaan secara ringkas

– Teks upacara adat

 –  Panyandra

 

 

 

 

 

 

 

 

– Memperhatikan informasi tentang upacara adat Jawa

– Membaca teks upacara adat Jawa – Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan/ tertulis..

–  Menceritakan kembali ke dalam ragam ngoko/krama.

– Menuliskan ring-kasan isi teks upacara ada Jawa.

–    Refleksi.

2 jam

pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

– Buku

  Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

 

Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

–    Wacanen kang premati kanthi kedal lan irama kang trep teks upacara adat ing ngisor iki!

–    Critakna isinie teks mau kanthi ringkes!

–    Ringkesen isine teks mau migunakake basamu dhewe!

 

 

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: religius, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca.

2

3.2. Membaca paragraf berhuruf Jawa yang   menerapkan aksara rekan.

 

3.2.1 Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.

3.2.2 Mampu menunjukkan aksara rekan digunakan dalam bacaan

3.2.3 Mampu mengubah wacana huruf Jawa menjadi huruf Latin

3.2.4 Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa

 

 

 

– -Wacana berhuruf Jawa penerapan aksara rekan

Pertemuan I

–    Mengerjakan  pretes tentang aksara rekan huruf Jawa

– Memperhatikan macam- macam bentuk aksara rekan

– Mencari bacaan berhuruf Jawa dari berbagai sumber

– Membaca bersuara wacana berhuruf Jawa secara bergantian

– Menyebutkan aksara rekan yang ditemukan dalam bacaan

–    Bertanya jawab tentang aksara rekan yang belum dipahami

–  Memberikan penilaian terhadap cara membaca bacaan oleh siswa

– Refleksi

 

  Pertemuan 2

–  Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas

–  Memotivasi siswa dengan pentingnya melestarikan huruf Jawa

– Siswa mencermati bacaan berhuruf Jawa

–  Siswa menunjukkan dua jenis aksara rekan dalam bacaan kepada temannya yang lain

– Siswa mencermati bacaan berhuruf Latin.

 – Refleksi

4 jam pelajaran

– Buku

   Piwulang  Basa Jawa

– LKS Pratita

 

Unjuk kerja

Uji Petik Prosedur

  1. A.     Wacanen aksara rekan  ing ngisor iki

1;k+a/     2:f+ik+i/   3:p+am\ 

 4: j+kt\

4;g+£b\

B.Tuduhna aksara rekan  sing ana ing wacan iki!

1.?fin $enin\[g+op+/lanP+it]ipd[foln   i=[a+omh[ap+i

[k+on\, i 2.?pekr=z[npkP+hriamB[n;54;[lkk/.

3?AbFul\[g+op+/m=ktSe[kolh,

4?sbenSsiruwht]iynTamBy/j+kt\

5?ninFkK[kf+iki/.

 

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: jujur, toleransi, kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca

 

                             

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENULIS

 

Nama Sekolah             :      Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 3 Candimulyo

Mata Pelajaran            :      Bahasa Jawa

Kelas / Semester          :      IX (Sembilan) / 2 (Dua)

Standar Kompetensi :      Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam   berbagai

                                           jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

 

NO

 

KOMPETENSI DASAR

 

INDIKATOR

 

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

 

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

4.1. Menulis teks pidato.

 

4.2.1 Mampu menuliskan pokok-pokok

         pidato

4.2.2 Mampu mengembangkan pokok-pokok pidato menjadi teks pidato

4.2.3 Mampu melalukan pidato susuai dengan konsep / teks yang disusun

 

 

 

 

 

– Pidato

 -Parikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 1:

–   Menjawab pre test tentang macam-macam pidato.

–   Mendengarkan penjelsan tentang pengertian pidato.

–   Mendengarkan penjelsan tentang syarat-syarat pidato.

–   Mendengarkan penjelasan tentang hal-hal yang diperhatikan dalam pidato.

–   Mendengarkan penjelasan tentang cara-cara pelaksanaan dalam pidato.

Pertemuan 2:

–    Berlatih membuat kerangka pidato dan mengembangkan menjadi  naskah pidato sesuai dengan bahasanya endiri.

–   Melaksanakan pidto di depan teman-temannya/ orang lain.

–  Refleksi

4 jam pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

 

 

Unjuk kerja

 

Lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

–  Tulislah teks / naskah pidato sesuai dengan tema kamu pilih!

 

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab

2

4.2.   Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan   menerapkan aksara rekan.

4.2.1 Mampu menyebutkan  aksara rekan secara benar.

4.2.2 Mampu menuliskan aksara rekan dengan benar

4.2.3  Mampu menulis paragraf  huruf jawa dengan menerapan aksara rekan Jawa.

-Wacana    yang memuat  aksara rekan

Pertemuan I

– Pretest dengan aksara rekan secara acak.

– Menuliskan aksara rekan secara terpisah.

– Menulis paragraf yang memuat aksara rekan.

Pertemuan 2:

– Pretest dengan menulis kalimat yang memuat aksara rekan

4 jam pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

 

 

Unjuk  Kerja

Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unjuk  Kerja

Tertulis

 

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

– Wacan  rong alinea iki tulisen nganggo aksara Jawa!

 

 

 

 

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab

                             

                                                                                                                                                                                                Candimulyo,   Juli 2012

By Wahyudi, S.S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s