Sampingan

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENDENGARKAN

Nama Sekolah          :    Sekolah Menengah Pertama SMP N 3 Candimulyo

Mata Pelajaran          :    Bahasa Jawa

Kelas/Semester         :    IX (Sembilan) / I (Satu)

Standar Kompetensi  :    Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan

dalam berbagai ragam bahasa Jawa

No

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

1.1.  1.1.

1.2.  Mendengarkan Sandiwara.

1.1.1  Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa

1.1.2    Mampu menjelaskan unsur    intrinsik sandiwara

1.1.3 Mampu menuliskan rangkuman cerita sandiwara

1.1.4  Mampu menceriterakan kembali isi sandiwara

–      – Sandiwara – Mendengarkan informasi tentang sandiwara

– Menjawab pretest tentang unsur-unsur instrinsik sandiwara

– Mendengarkan contoh sandiwara yang dibacakan atau melalui kaset.

– Membuat ringkasan cerita sandiwara

– Menceritakan kembali isi sandiwara

– Bertanya jawab tentang isi sandiwara

– Refleksi

2  jam

pelajaran

– -Buku Piwulang Basa Jawa

– -LKS Pratita

Tertulis Uraian –     Rungokna teks sandiwara kang diwaca kancamu iki!

–    Sebutna unsure-unsur instrinsik ing sandiwara  mau!

–    Ringkesen critane  sandiwara mau, banjur critakna ing ngarep !

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: kreatif, mandiri, menghargai prestasi, peduli lingkungan

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK BERBICARA

Nama Sekolah             :  Sekolah Menengah Pertama SMP N 3 Candimulyo

Mata Pelajaran            :  Bahasa Jawa

Kelas / Semester          :  IX (Sembilan) / I (Satu)

Standar Kompetensi    :  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam  berbagai  ragam bahasa dengan unggah-ungguh yang benar.

No

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

2.1.  Berdialog dengan warga masyarakat 2.1.1 Menentukan kerangka  topik dialog.

2.1.2  Mengembangkan topik dialog menjadi teks dialog

2.1.3 Melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat.

2.1.4 Memberikan penilaian dialog dengan memberi alasan

2.1.6 Menyebutkan jenis kalimat dialog

–  Dialog

Jinising ukara

–   Mendengarkan informasi tentang dialog dengan msyarakat.

–   Menjawab pretes tentang jenis kalimat.

–   Memperhatikan contoh dialog.

–   Melakukan dialog dengan pemain peran.

–   Menilai dialog yang telah berlangsung.

–   Refleksi

2  jam

pelajaran

– Buku

Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Unjuk Kerja Uraian –     Sebutna jinis-jinising ukara manut maksude!

–    Tindakna pacelathon kanthi nindakake dadi paraga: anak karo sesepuh kampung bab katentreman!

–    Weneha panyaruwe pacelathon kang wis ditindakake kancamu !

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli sosial, tanggung jawab

2

2.2. Bercerita tentang adat-istiadat.                                                           Berpidato.Bercerita tentang peristiwa aktual.

.

2.2.1 Mampu menyebutkan macam adat istiadat Jawa dengan referensi  yang jelas

2.2.2 Mampu menyusun kerangka topik adat yang akan diceritakan

2.2.3 Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita

2.2.4 Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.

2.2.5 Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian

2.2.6 Mampu menjawab pertanyaan yang  terkait dengan cerita

– Cerita adat

Sebelum pernikahan

Wangsalan

–   Menjawab pre test tentang macam-macam adapt istiadat Jawa.

–   Membuat kelompok berangotakan 4 orang.

–   Membuat kesepakatan dengan kelompoknya untuk menceritakan salah satu adap istiadat Jawa.

–   Menyusun kerangka cerita adat.

–   Mengembangkan kerangka menjadi konsep cerita.

–   Menceritakan cerita tersebut di depan kelompok  yang lain.

–   Menilai cerita teman.

–   Refleksi

4  jam pelajaran

– Buku

Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Unjuk Kerja Uraian –    Sebutna wern-wernane crita adat!

–    Critakna salah siji adat tata cara Jawa!

–    Bijinen kancamu anggone crita!

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: religius, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MEMBACA

Nama Sekolah          :      Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 3 Candimulyo

Mata Pelajaran          :      Bahasa Jawa

Kelas / Semester       :      IX (Sembilan) / I (Satu)

Standar Kompetensi  :      Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

3.1. Membaca nyaring cerita wayang Ramayana. 3.1.1 Mampu membaca dengan suara yang jelas.

3.1.2 Mampu melafalkan kata-kata dengan lafal, intonasi, ejaan yang benar.

3.1.3 Mampu membaca nyaring dengan suara lagu, intonasi,ekspresi  dan lafal yang tepat

3.1.4    Mampu menjelaskan isi bacaan .

3.1.5  Mampu menuliskan kembali isi    bacaan secara ringkas

3.1.6  Mampu menuliskan alur cerita setiap adegan

–  Lakon Ramayana

sebelum/sewaktu

pengemba-

raan.

Ukara Camboran

 

– Lakon Ramayana sesudah pengemba-

raan

Pertemuan 1:

–      Mendengarkan  informasi tentang membaca nyaring.

–      Membentuk kelompok kecil.

–      Membaca nyaring teks satu siswa satu alinea.

Pertemuan 2:

–      Memberi nilai terhadap pembacaan teks cerita wayang olehteman.

–      Menjelaskan secara ringkas isi cerita dengan bahasa Jawa keseharian.

–      Refleksi.

Pertemuan 1:

–      Mendengarkan  informasi tentang membaca nyaring.

–      Membentuk kelompok kecil.

–      Membaca nyaring teks satu siswa satu alinea.

Pertemuan 2:

–      Memberi nilai terhadap pembacaan teks cerita wayang olehteman.

–      Menjelaskan secara ringkas isi cerita dengan bahasa Jawa keseharian.

–      Refleksi.

4 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

– Buku

Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Buku

Piwulang Basa Jawa

– LKS Pratita

Unjuk Kerja, Tugas tersruktur

Unjuk Kerja, Tugas tersruktur

Uraian

Uraian

–    -Wacanen kang premati kanthi kedal lan irama kang trep cerita wayang ing ngisor iki!

–    -Critakna kanthi ringkes crita mau!

–    -Wacanen kang premati kanthi kedal lan irama kang trep cerita wayang ing ngisor iki!

–    -Ringkesen crita mau banjur critakna kanthi ringkes uga!

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: religius, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca

2

3.2. Membaca indah tembang Dhandhanggula 3.2.1 Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang dhandhanggula

3.2.2 Mampu membaca titilaras tembang dhandhanggula

3.2.3 Mampu menembangkan tembang dhandhanggula sesuai dengan titilaras yang tepat

3.2.4 Mampu memparafrasekan tembang dhandhanggula

3.2.5 Mampu menjawab pertanyaan tembang dhandhanggula

– Tembang    Dhandhanggula –      Apersepsi dengan kelebihan-kelebihan isi tembang.

–      Memperhatikan contoh membaca intonasi tembang Dhandhanggula

–      Menyanyikan intonasi tembang Dhandhanggula

–      Menyanyikan syair tembang Dhandhanggula

–      Menyebutkan amanat dalam tembang

4 jam pelajaran

– Buku

Piwulang  Basa Jawa

– LKS Pratita

Lisan Uraian –    Coba tirokna pamacane titi laras iki!

– Tembangna cakepan tembang Dhandhanggula iki!

– Sebutna piwulang kang ana ing tembang kasebut!

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: jujur, toleransi, kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca

3

3.3. Membaca paragraf  berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa. 3.3.1 Mampu membaca angka berhuruf Jawa dengan lancar.

3.3.2 Mampu menunjukkan angka yang dimaksud dalam bacaan

3.3.3 Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa

3.3.4 Mampu mengubah bacaan  ke  dalam huruf latin.

3.3.5 Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa

3.3.6 Mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat.

– Wacana berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa –      Apersepsi dengan keunikan huruf Jawa

–       Mendengarkan penjelasan tentang angka berhurf Jawa

–      Mencari angka dalam bacaan berhuruf Jawa

–      Membaca teks yang memuat angka berhuruf Jawa

–      Mentransliterasikan teks berhuruf Jawa

2 jam pelajaran

– Buku

Piwulang  Basa Jawa

– LKS Pratita

Lisan Uraian – Golekana lan sebutna angka kang ana ing wacan!

– Wacanen teks nganggo aksara Jawa iki!

– Latina teks nganggo aksara Jawa iki!

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENULIS

Nama Sekolah                    :    Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 3 Candimulyo

Mata Pelajaran                    :    Bahasa Jawa

Kelas / Semester                 :    IX (Sembilan) / I (Satu)

Standar Kompetensi           :    Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam

berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

WAKTU

SUMBER / BAHAN / ALAT

ASPEK PENILAIAN

Teknik

BENTUK

INSTRN

CONTOH

INSTRUMEN

1

4.1. Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita rakyat.. 4.1.1 Mampu menentukan kerangka topik karangan

4.1.2 Mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra

4.1.3 Mampu mengembangkan kerangka topik menjadi cerita /geguritan

4.1.4 Mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar

4.1.5 Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis

– Geguritan

(Purwakanthi)

-Cerita Rakyat

Sanepa

Pertemuan I:

–     Mendengarkan informasi tentang macam-macam sastra.

–     Menjawab pretest tentang materi sastra.

–     Memperhatikan penjelasan tentang materi sastra.

–     Mencari ide di luar kelas.

–     Menulis geguritan berdasarkan ide yang didapat.

Pertemuan 2:

–  Apersepsi dengan berbagai jenis cerita

– Menyusun kerangka untuk membuat cerita

–  Mengembangkan kerangka cerita menjadi sebuah cerita.

–  Melakukan editing terhadap karangan cerita yang ditulis.

2 jam pelajaran

2 jam pelajaran

-Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

Unjuk Kerja

– Uji Petik Kerja Produk

Uraian

Uraian

–  Gawea karangan sastra arupa geguritan

–  Gawea karangan arupa crita rakyat!

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab

2

4.2. Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa. 4.2.1 Mampu menulis angka Jawa secara terpisah

4.2.2 Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak

4.2.3 Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat

4.2.4  Mampu menulis paragraf  huruf jawa dengan penerapan angka Jawa.

-Wacana    yang memuat  angka Jawa Pertemuan I

– Pretest dengan angka Jawa acak.

– Menuliskan angka Jawa secara terpisah.

– Menulis sebuah paragraf yang memuat angka Jawa.

Pertemuan 2:

– Pretest dengan menulis kalimat yang memuat angka.

– Menulis dua paragraf yang memuat angka Jawa

2 jam pelajaran

2 jam pelajaran

-Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

Buku Piwulang Basa Jawa/ yang relevan

– LKS Pratita

Uji Petik Kerja Produk

Uji Petik Kerja Produk

Uraian

Uraian

– Wacan  rong alinea iki tulisen nganggo aksara Jawa!

– Wacan saalinea ing ngisor iki tulisen nganggo aksara Jawa!

v  Pendidikan Karakter yang dikembangkan: disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab

Candimulyo,     Juli 2012

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN KELAS 9 GASAL

By Wahyudi, S.S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s